3 motif kebaikan

Saat seseorang melakukan kebaikan, ia hanya memiliki satu dari tiga motif. Yaitu:

– ingin sesuatu,
– ingin dilihat baik,
– ingin tulus membantu karena ia tau rasanya kesusahan saat tidak ada yang peduli untuk membantunya.

Yang manakah motif mu?

-RF-


Jika suka, berbagilah:

9 Komentar di 3 motif kebaikan

  1. Agung
    April 18, 2015 at 7:58 pm

    ga tau yang mana. mau baik ajahhh

    Reply
  2. andripranataginting
    November 17, 2014 at 6:31 am

    Jawaban ketiganya terbentuk dari apa yang kita alami dulu.
    Misal yg nomor 1, kemungkinan sudah diajari oleh orang tua sejak kecil, baik dengan sengaja atau tidak sengaja.
    jika nomor 2, menurut persepsi saya, kemungkinan dari lingkungan terdekatnya yang selalu memberi pujian, hingga dia berkeinginan berbuat suatu kebaikan.
    Terahir yang nomor 3, lebih dari pengajaran spiritual seseorang yang mendalam sih.. bisa juga dari ajaran agama yang didapatnya.
    Apapun kebaikan dan keburukan yang dilakukan seseoarang, pada dasarnya terbentuk dari alasan. dan alasan tersebut berawal dari pengalamannya di masa lalu.

    Reply
  3. Idris Nurhanudin
    November 16, 2014 at 10:17 pm

    kalau orang labil ke 3 nya di ambil, tapi kalau orang tulus no 3 yg di pilih…

    Reply
  4. hafiz
    November 13, 2014 at 11:34 pm

    Kalo motifnya berbuat kebaikan karena hanya memang ingin melakukannya gimana?

    Reply
  5. fajrie
    November 13, 2014 at 1:38 pm

    Nomer tiga koh,karena aq berpikir kita hidup untuk apa sie…jika mampu knpa tidak…
    Dan akhirnya jadinya ke nomer satu,karena ingin bahagia…
    ketika bisa melakukan sesuatu buat orang lain dstu kadang aku temukan bahagia ketika melihat orang yg mrsa susah jadi bahagia..:-)

    Reply
  6. FEMI CANDRO SIMATUPANG
    November 13, 2014 at 7:29 am

    ingin tulus membantu karena ia tau rasanya kesusahan saat tidak ada yang peduli untuk membantunya.

    Reply
  7. sokam
    November 13, 2014 at 3:23 am

    gue pilih no 3 gan, tapi misalkan gue jawab seperti ini : Semua manusia menggunakan 3 motif itu di saat waktu-waktu tertentu jadi menurut gue ga bisa di pastiin setiap manusia bakalan gunain motif ke-1/2/3 secara terus menerus. gimana tuh bang?

    Reply
    • Wezt
      November 22, 2014 at 12:39 pm

      Satu lagi. Ingin bahagia bang Ron. Dari teori kebutuhan Abraham Maslow, aktualisasi diri di puncak piramida merupakan pencapaian kebahagiaan tertinggi yaitu dengan cara memberi..

      Reply
      • Wezt
        November 22, 2014 at 12:44 pm

        (Berbuat baik dgn apapun yg dipunyai atau yg bisa dilakukan). Bener bang?

Tulis Komentar Anda

Arsip Episode | Jadwal TalkSHOW | Dukung RonaldTALKS
YouTube | Facebook | Twitter